Produk merupakan suatu benda atau jasa yang memiliki nilai (value) yang terealisasikan secara sistemtis dan rasional untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumen sebagai sasaran.
Product Life Cycle (PLC) : daur hidup produk à suatu grafik yg menggambarkan suatu produk mulai sejak diperkenalkan ke pasar sampai dgn ditarik dari pasar.
Departemen yang berperan dalam merancang konsep pengembangan produk yaitu:
Pemasaran :
- Proses identifikasi peluang produk
- Pendefinisian segmen pasar
- Identifikasi Kebutuhan Pelanggan
- Menetapkan target harga
- Merancang peluncuran dan promosi produk
Perancangan :
- Mendefinisikan bentuk fisik produk
- Desain engineering : mekanik, elektrik, software
- Desain industri : estetika, ergonomi, user interface
Manufaktur :
- Merancang dan mengoperasikan sistem produksi pada proses produksi produk
Tahapan Produk :
- Tahap Pengembangan Produk : tahap ketika perusahaan menemukan & mengembangkan produk baru. Selama tahap ini penjualan = nol . Biaya investasi perusahaan besar
- Tahap Pengenalan Produk (Introduction) : periode pertumbuhan penjualan yg lambat ketika produk mulai diperkenalkan di pasar. Laba blm ada krn biaya pengeluaran utk memperkenalkan produk sgt besar
- Tahap Pertumbuhan (Growth): periode penerimaan pasar & peningkatan laba yg pesat.
- Tahap Kedewasaan Produk (Maturity): periode pertumbuhan penjualan yg mulai menurun krn produk telah diterima oleh sebagian pembeli potensial. Tk laba tetap/mulai turun krn biaya pengeluaran bertambah akibat banyaknya pesaing.
- Tahap Penurunan Produk (Decline): periode ketika penjualan & laba menurun
Penyebab Produk Memiliki Siklus Hidup :
- Produk memiliki umur terbatas
- Penjualan produk melewati tahap-tahap yang berbeda, dengan tantangan yang berbeda bagi penjual.
- Laba naik turun pada tahap yang berbeda dalam siklus hidup produk
- Produk membutuhkan strategi pemasaran, keuangan, produksi, pembelian dan personel yang berbeda dalam tiap tahap siklus hidup produk.
Kategori Produk Baru :
- Produk yg benar2 inovatif & unik, yaitu : blm ditemukan sblmnya, pdhl sgt dibutuhkan & berbeda dgn produk yg ada tp sama2 memuaskan keinginan. Contoh : Plastik yg bersaing dgn kayu/besi
- Produk pengganti yg benar2 berbeda dr produk yg sdh ada. Contoh : Kopi instan yg menggantikan kopi tubruk.
- Produk imitasi, yaitu : produk yg baru bg perusahaan produk ttt, tp di pasar bkn mrp produk baru. Contoh : Rokok mild
KARAKTERISTIK PENGEMBANGAN PRODUK YANG SUKSES
Dari sudut pandang investor dari perushaan yang berorientasi laba, usaha pengembangan produk disebut sukses jika produk dapat diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba. Namun laba seringkali sulit untuk dinilai secara cepat dan langsung. Lima dimensi spesifik lainnya yang berhubungan dengan laba dan biasa digunakan untuk menilai kinerja usaha pengembangan produk yaitu :
Kualitas produk
Seberapa baik produk yang dihasilkan dari upaya pengembangan produk ? apakah produk tersebut memuaskan kebutuhan pelanggan ? apakah produk tersebut kuat (robust) dan andal ? Kualitas produk pada akhirnya akan mempengaruhi pangsa pasar dan mempengaruhi harga yang ingin dibayar oleh pelanggan untuk produk tersebut.
Biaya Produk
Biaya untuk modal peralatan dan alat bantu serta biaya produksisetiap unit produk. Biaya produk menentukan berapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada volume penjualan dan harga penjualan tertentu.
Waktu Pengembangan Produk
Waktu yang akan menentukan kemampuan perusahaan dalam berkompetisi, menunjukkan daya tanggap perusahaan terhadap perubahan teknologi, dan pada akhirnya akan menentukan kecepatan perusahaan untuk menerima pengembalian ekonomis dari usaha yang dilakukan tim pengembangan.
Biaya Pengembangan
Biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mengembangkan produk ; dibutuhkan untuk mencapai profit.
Kapabilitas Pengembangan
Kapabilitas pengembangan merupakan aset yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan ekonomis dimasa yang akan datang.
Faktor-faktor yang menunjang pengembangan produk baru :
- Kemajuan teknologi
- Perubahan dlm kebutuhan konsumen
- Daur hidup produk yg semakin pendek
- Makin meningkatnya persaingan pasar internasional
Faktor-faktor yang menghambat pengembangan produk baru :
- Makin tingginya biaya modal
- Peraturan pemerintah
- Biaya tenaga kerja yg mahal
- Pemusatan perhatian pd laba jangka pendek
- Krgnya perhatian manajemen pd produk baru, yg tercermin dr riset pemasaran yg tdk memadai,kekurangan strategi produk baru
- Ketakutan bahwa produk baru akan mengancam produk yg sdh ada
Metode yang Digunakan dalam Pengembangan Produk
- Analisis Konjoin
- Taguchi (Robust Design)
- TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadach)
- QFD (Quality Function Deployment)
No comments:
Post a Comment