Untuk membangun suatu informasi, hal pertama yang harus kita lakukan ialah membuat proses bisnis dari organisasi tersebut. Proses bisnis ialah kerangka sistematis bagaimana organisasi tersebut dalam melakukan aktivitas dalam melakukan bisnis mereka.
Manfaat organisasi apabila memiliki proses bisnis ialah :
- Dapat mengeliminir kesalahan-kesalahan
- Maksimasi penggunaan asset
- Minimasi waktu tunggu (delay)
- Memberikan pemahaman, mudah dalam penggunaannya
- Dekat dengan pelanggan internal maupun eksternal
- Mempunyai kemampuan adaptif terhadap perubahan keinginan pelanggan
- Memberikan perusahaan keuntungan yang kompetitif
Dalam membuat proses bisnis, kita perlu mengklasifikasikan proses-proses dari suatu organisasi terlebih dahulu. Menurut Value Chain Porter, proses atau aktivitas dar suatu organisasi dapat dibagi seperti gambar dibawah ini.
Value Chain Porter adalah model yang digunakan untuk membantu menganalisis aktivitas-aktivitas spesifik yang dapat menciptakan nilai dan keuntungan kompetitif bagi organisasi. Aktivitas-aktivitas tersebut dibagi dalam 2 jenis, yaitu :
1. Primary activities :
2. Supported activities :
1. Primary activities :
- Inbound logistics : aktivitas yang berhubungan dengan penanganan material sebelum digunakan.
- Operations : akivitas yang berhubungan dengan pengolahan input menjadi output.
- Outbound logistics : aktivitas yang dilakukan untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen.
- Marketing and sales : aktivitas yang berhubungan dengan pengarahan konsumen agar tertarik untuk membeli produk.
- Service : aktivitas yang mempertahankan atau meningkatkan nilai dari produk.
- Procurement : berkaitan dengan proses perolehan input/sumber daya.
- Human Resources Management : Pengaturan SDM mulai dari perekrutan, kompensasi, sampai pemberhentian.
- Product & Technological Development : pengembangan peralatan, software, hardware, prosedur, didalam transformasi produk dari input menjadi output.
- Administrative & Finance Infrastructure : terdiri dari departemen-departemen/fungsi-fungsi (akuntansi, keuangan, perencanaan, GM, dsb) yang melayani kebutuhan organisasi dan mengikat bagian-bagiannya menjadi sebuah kesatuan.
No comments:
Post a Comment